Seluruh produk kami sifatnya pre-order, anda tidak perlu melakukan pembayaran saat melakukan pesanan. Cukup cantumkan keterangan pesanan, lalu kami akan segera menghubungi anda paling lambat 1x24 jam.

Silakan login dulu agar semakin mudah dalam bertransaksi.

Rame-rame di Dunia Maya: Ngulik Media Sosial dan Jejaring Sosial

Dari blog sampe jejaring sosial, dunia maya itu luas banget, bro! Media sosial itu tempat kita berinteraksi, nge-share, dan nge-ekspress diri. Sedangkan jejaring sosial, itu lebih ke tempat ngumpulnya orang-orang dengan minat atau background yang sama.

Apa Itu Media Sosial?

Media sosial, atau dalam bahasa Inggrisnya “Social Media”, dari bahasa gaulnya, ini tempat buat kita semua interaksi dan nge-share segala macam. Misalnya kayak blog, jejaring sosial, wiki, forum, sampe dunia virtual. Tempat kaya gini, kayak Gmail, Facebook, Tumblr, itu contoh keren dari media sosial.

Menurut si ahli, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, mereka bilang media sosial itu kumpulan aplikasi internet yang berbasis pada ideologi Web 2.0. Jadi, kita bisa buat dan tuker-tukeran konten yang kita buat sendiri, alias “user-generated content”.

Jenis-Jenis Media Sosial

Proyek Kolaborasi (Collaborative Projects)

Di sini kita bisa bikin konten bareng-bareng yang bisa diakses sama semua orang. Ada dua subkategori nih: a. Wiki: Situs kayak Wikipedia, Wiki Ubuntu-ID, sama Wakakapedia. b. Aplikasi Bookmark Sosial: Kayak Del.icio.us, StumbleUpon, Digg, Reddit, sama Technorati.

Blog dan Mikroblog

Tempat kita bisa terus-terusan posting opini atau pengalaman kita. Blog itu kayak website yang fokus ke tulisan penulisnya, sedangkan mikroblog lebih ke postingan singkat. Contoh: Blogspot, WordPress, Twitter, Tumblr, sama Koprol.

Konten Komunitas

Tempat kita berbagi berbagai jenis konten, kayak video, foto, musik, sampe file. Contoh: Flickr, YouTube, Imeem, sama 4shared.

Situs Jejaring Sosial

Ini tempat kita bikin profil dan nyambung sama orang lain. Contoh: Facebook, LinkedIn, sama MySpace.

Dunia Game Virtual

Tempat kita main game dalam bentuk avatar 3D. Contoh: Second Life, World of Warcraft.

Dunia Sosial Virtual

Mirip sama game virtual, tapi lebih fokus ke simulasi kehidupan nyata. Contoh: GoogleEarth, eBay.

Jejaring Sosial (Social Network)

Jejaring sosial itu struktur sosial yang terdiri dari orang-orang atau organisasi yang punya kesamaan. Biasanya, situs-situs jejaring sosial ini punya fitur keren buat komunikasi dan interaksi online. Contoh populer: Facebook, Twitter, LinkedIn.

Bedanya Social Media sama Jejaring Sosial

Nah, kalo ditanya bedanya, intinya sih sama-sama tempat buat interaksi online. Tapi, kalo media sosial itu lebih luas, meliputi blog, forum, sampe aplikasi chatting. Sedangkan jejaring sosial itu lebih ke situs atau website tempat orang-orang ngumpul tanpa batas, dan mereka bisa punya ikatan kayak keluarga, teman, atau rekan bisnis.

Contoh media sosial itu kayak blog, aplikasi chatting, dan situs jejaring sosial. Sedangkan contoh jejaring sosial itu Facebook, Twitter, Instagram, dan sejenisnya. Jadi, kalo kita lagi online, kita bisa pilih mau hang out di mana, tergantung mood kita hari itu!