Seluruh produk kami sifatnya pre-order, anda tidak perlu melakukan pembayaran saat melakukan pesanan. Cukup cantumkan keterangan pesanan, lalu kami akan segera menghubungi anda paling lambat 1x24 jam.

Silakan login dulu agar semakin mudah dalam bertransaksi.

Gratis atau Gak? Pendidikan Tinggi dan Kontroversinya

Pendidikan tinggi, gratis atau bayar? Topik ini rame banget. Ada yang bilang, ilmu itu hak semua orang, jadi harus gratis. Tapi, ada juga yang ngomong, kalo gratis, kualitasnya bisa jadi turun. Plus, nggak semua negara sanggup biayain pendidikan tinggi gratis.

Pendidikan itu penting banget buat bangun negara yang kece. Masa kini, banyak perubahan di dunia pendidikan. Semua setuju, pendidikan itu kunci buat negara yang lebih maju. Sekarang, pendidikan dasar sampe menengah udah banyak yang gratisan di berbagai negara. Tapi, biayanya mahal kalau sampai pendidikan tinggi atau kuliah, jadi banyak yang kepikiran gimana caranya bisa lanjut.

Banyak yang berpikir, pendidikan tinggi harusnya gratis dong, soalnya ilmu itu hak semua orang, nggak harus dibanderol. Banyak anak-anak pintar yang nggak bisa kuliah karena masalah duit. Akibatnya, pendidikan jadi cuma buat orang-orang tertentu aja. Kalo lebih banyak yang bisa kuliah, kesempatan kerja jadi lebih banyak, pengangguran bisa berkurang, dan kemiskinan bisa dikurangi. Salah satu argumen lain buat pendidikan universitas gratis adalah soal kesetaraan. Semua orang harus punya kesempatan yang sama. Kalo pendidikan tinggi gratis, banyak anak laki-laki dan perempuan yang bisa kuliah, nggak perlu kerja sambilan buat bayar kuliah.

Tapi, ada juga yang nggak setuju dengan pendidikan universitas gratis. Beban pemerintah bisa jadi berat banget. Butuh banyak duit buat biayain pendidikan tinggi yang kualitasnya bagus. Negara juga nggak selalu punya cukup duit buat kasih pendidikan universitas gratis. Meski udah ada pinjaman dan beasiswa buat yang nggak mampu, ada juga yang mikir, kalo pendidikan universitas gratis, nanti kualitas pendidikannya bisa jadi kurang bagus. Kalo pendidikan jadi gratisan kayak air, ada kemungkinan kualitasnya jadi nggak sebagus sebelumnya.

Secara keseluruhan, meski banyak hambatan buat pendidikan universitas gratis, ada juga contoh sukses kayak di Jerman. Mereka bisa kasih pendidikan tinggi gratis buat semua orang. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari eksperimen Jerman ini.